Bismillah,
Selepas Ashar ini, di tempat parkir sebuah masjid, saya berkenalan dengan seorang pria, namanya Riki. Melihat saya sedang melipat jas hujan, dia membuka kaca jendela mobil nya dan mengucapkan salam sambil menyodorkan tangan. Mas Riki kemudian bertanya, saya darimana, kenapa sampai bisa shalat di masjid tersebut. Saya jawab, saya dari Depok, hendak menjemput istri sambil membalas senyuman nya. Dia bilang, dia tinggal di daerah Lebak Bulus. Kemudian saya tanya balik kepadanya, ada keperluan apa Mas Riki ke masjid di daerah Jagakarsa ini.
Dijawab oleh nya, dia sedang mengurus surat kematian. Saya tanya, “kerabat?” dijawab nya, “istri…” sambil terus tersenyum.
Saya kemudian melongo sejenak.

Mas Riki ini seperti pesan WhatsApp yang dikirim Allah kepada saya, melalui bahasa yang saya pahami, dan bisa saya terima. Valar Morghulis, all men must die. Bahwa ajal akan menjemput kita semua, saat tiba waktu nya.
Jazakallah khairan, Mas Riki, karena telah menyempatkan diri membuka jendela mobil anda untuk menyapa saya. Mengingatkan saya kepada kematian. Memecut saya untuk kembali mengingat Allah. Doa saya untuk istri anda, agar dilapangkan kubur nya, dilindungi dari siksa kubur, masuk kedalam surga tertinggi tanpa hisab dan semoga Allah selalu memberikan kesabaran bagi Mas dan keluarga.

View on Path

Leave a Reply

