Stamps: Wajah (Baru) Bersosialisasi


Beberapa bulan yang lalu gue pernah menulis di Blog ini tentang Yahoo! Koprol. Judulnya Others Gives Rewards, What Koprol Gives To You. Yang intinya membahas tentang, ‘bentuk terima kasih’ apa sih yang sudah diberikan oleh Koprol kepada para User-nya, terlepas dari jasanya memberikan sarana media bersosialisasi kepada kita, para usernya.

Kemudian, kemarin Koprol meluncurkan sebuah fitur barunya yang diberi nama Stamps. Saat pertama kali melihatnya, untuk kalian yang juga aktif di Foursquare atau sosial media lain, kalian akan mengira Stap ini sama dengan Badge. Check in di suatu tempat yang memiliki Badge pada jam-jam tertentu untuk mengumpulkan sebanyak mungkin Badge untuk dipamerkan. Well, the truth is, it’s way much better (IMHO). Koprol kembali mengejutkan gue, kali ini untuk hal yang menurut gue positif,  dengan caranya menggabungkan antara games dengan daily activity. And as for me, Stamps adalah jawaban Koprol pada keluh kesah gue pada artikel tersebut diatas.

Hingga detik ini, gue belum berhasil menemukan penjelasan yang paling mudah diterima yang dapat mendefinisikan Stamps ini. Bahkan Satya sekalipun masih bertanya-tanya sekiranya apa pengertian Stamps ini (at least itu dari yang gue baca di linimasa-nya pagi tadi). Menurut gue pribadi, Stamps adalah gift/reward yang diberikan dari satu user ke user yang lainnya sebagai bentuk perhatian satu sama lain. Berbeda dengan Badge di Foursquare yang didapatkan dengan cara Check In di lokasi tertentu, Stamps di Koprol ini diperoleh dari teman-teman Koprol kita. Jadi jika mau mengatakan Stamps ini seperti Badge di Foursquare, silahkan pikir-pikir dulu. 
Seperti yang gue sampaikan diatas, Koprol kali ini menurut gue berhasil menjadikan Daily Activity di Koprol menjadi permainan yang menyenangkan untuk dimainkan. What Game?

It’s Stamps Game!

Okay, gue ngga akan terlalu menjelaskan soal detil permainan ini. Untuk penjelasan lebih mendetail tentang fitur ini,  kalian cukup membaca artikel tutorial tulisan @mage95 disini. Disini gue akan lebih membahas mengenai Stamp Sebagai perwujudan baru dari sebuah aktivitas sosial dan dampak yang mungkin ditimbulkannya.

Wait, mungkin kalian akan merasa aneh, gue yang biasanya Komplain dengan apapun yang ada di Koprol, kali ini langsung dengan mudah memuji-muji fitur yang terbilang masih teramat sangat baru ini. Owh yes, tentu saja. Ada beberapa alasan yang mendasari pujian tersebut.

Seperti yang gue sampaikan tadi, Koprol berhasil menjadikan aktivitas bersosial menjadi game yang menyenangkan. Mungkin Tim Developer Koprol menilai, sebuah Reward tak dapat diperoleh hanya dengan melakukan check in saja, mereka harus melakukan usaha lebih dari itu. Dan Reward tersebut harus diperoleh dari hasil aktivitas para pengguna Koprol. Dan kemudian, lahirlah Stamps.

Usaha lebih yang gue maksud ini adalah saling bersosialisasi antar pengguna Koprol, untuk mendapatkan poin untuk ditukar secara otomatis dengan Rewards yang dapat diberikan pada user lain. Rewards yang bisa menjadi komoditi tukar-menukar dalam proses bersosial, saling sapa menyapa satu sama lain dalam prosesnya. Rumusan sederhananya seperti ini:

Aktivitas Sosial –> Poin Berkurang –> Stamps Bertambah –> Aktivitas Sosial

I’m not that smart, tapi cukup dengan melihat penjelasan diatas, gue bisa menilai bahwa ide yang sedang dikembangkan oleh Koprol ini sangat brillian. Aktivitas sosial apapun yang kita lakukan di Koprol akan mendapat Reward berupa pengurangan poin yang totalnya berjumlah 250. Jika ke 250 poin itu habis, maka kita akan memperoleh satu paket berisi 3 Stamps yang secara otomatis kita peroleh. Perhitungan poin pada setiap aktivitas dapat kalian lihat dari daftar berikut ini:

  • New Post  =  – 6 Points
  • New Post With Picture  =  – 6 Points
  • Bump a Proll  =  – 1 Points
  • Commenting on Someone’s Proll  =  – 2 Points
  • Commenting on our Proll  =  – 2 Points
  • Review a Place  =  – 10 Points
  • Check in  =  – 4 Points
  • Send a Direct Message  =  -6 Points

Jika dalam 7 hari kita tak memberikan Stamps tersebut ke user lainnya, maka Stamps tersebut akan otomatis hangus. Tak bisa di refund, dan tak bisa diuangkan. Hanya bisa diberikan kepada user lain.

Hingga saat ini, ada 15 jenis stamps yang pernah gue temui, Stamps tersebut adalah: Miss You, Cool, Cute, Sexy, Awesome, Devil, Angel, Joker, Observer, Celeb, Meh, Hoax, Sorry, Grumpy dan Fail. Kita dapat mengumpulkan seluruh Stamps tersebut lebih dari satu masing-masingnya. Satu hal lain yang menarik. Ada beberapa Stamps yang tergolong rare, tiga diantaranya yang menurut gue paling rare adalah: Fail, Observer dan Celeb, serta satu Stamps yang merupakan Stamps yang Super Ultra Rare, g33k. Gue pribadi belum punya Stamps Fail serta g33k, dan masih terus melakukan perburuan pada stamps tersebut. Anyone has is and want to share it with me?

Stamps Is A New Face of How To Socialize in Koprol

Dari penjelasan diatas dapat kita pahami bahwa Stamps bukanlah sekedar sebuah Reward/Gift yang diberikan sebuah jejaring sosial pada para penggunanya. Stamps lebih dari itu. Stamps adalah bentuk baru dari cara bersosialisasi di Koprol. Dengan Stamps, kita diberi kesempatan untuk saling berinteraksi dengan cara yang baru dan/atau untuk alasan yang benar-benar baru. Kalian semua bisa memilih untuk memburu stamps setiap hari, namun tak perlu meninggalkan kehidupan rutin kalian di Koprol. Tak ada yang perlu berubah. Kalian masih bisa mendapatkan stamps, atau sekedar me-reload stamps untuk kalian berikan pada user lain tanpa mengganggu kegiatan kalian. There’s a cheat to reload your stamps, don’t you know it?

Kita ngga perlu takut Stamps akan merubah cara kita bersosialisasi di Koprol. Stamps tak akan merubah wajah Koprol dari Our Social City Guide (jika masih bisa dikatakan demikian), menjadi Gaming Social Network layaknya Friendster hanya dengan bermodalkan Stamps. Gue minta stamps ke salah satu dari kalian, dan kalian ngasih stamps ke gue. Saat proses meminta itu, terjadi proses komunikasi kan? Nothing has change. If there’s any, it’s only in your mind. Koprol is a social networking site, dan harus berkembang lebih maju lagi untuk tidak ditinggalkan penggunanya. Kita sebagai penggunanya harus bisa lebih menyesuaikan diri. Stamps adalah cara baru untuk berkomunikasi di Koprol, like or not.

But who knows, kedepannya akan ada banyak perkembangan baru berkaitan dengan stamps dan akan membuat Koprol semakin menarik. Mungkin nanti verified brands seperti @sonymusicindonesia dan @carrefour akan mempunyai kemampuan untuk meng-generate Stamps untuk diperoleh para pengguna Koprol. Who Knows.

Last but not least, kita semua tahu, bahwa Koprol (sudah pasti) bukan yang jejaring sosial pertama yang menggunakan reward untuk memancing minat para penggunanya untuk tetap stay. Namun cara yang digunakan untuk memperolehnya terbilang baru dan Koprol cukup terbuka dengan sistem poin yang digunakannya. Mereka bahkan berhasil memancing minat @lalacamelia dan @allohayona yang sempat fakum dari Koprol untuk kembali aktif. Ini menunjukkan bahwa Koprol benar-benar serius dalam mencari cara guna meningkatkan minat penggunanya. Well I think I have to admit and say it:

“IN SATYA WE TRUST!”

(Saat tulisan ini dibuat, @astronotbumi sedang dalam keadaan terhipnotis)

9 thoughts on “Stamps: Wajah (Baru) Bersosialisasi

  1. stamp bikin lebih deket dan ga malu malu sama orang baru ya haha kalau saya sih jadi mau nyapa di post seseorang gara2 stamp jadinya kenal lebih banyak deh :3
    seru juga jadi rame koprol gara2 pada ngejar point buat dapetin stamp baru ahha :)

  2. nui49 says:

    fitur br koprol emang seru, tp mgkn kah bs brthn lm? Coz apa yg qt dpt gk bs bwt qt, melainkan hrs diberikan ke org lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s