FAQ About Tagar


Okay, let’s get it to the point. Kemarin malam Koprol membuat suatu fitur baru dalam tubuhnya. Yaitu fitur hashtag, yang berfungsi agar user dapat menandai suatu post dengan keyword tertentu dengan menggunakan tanda # didepan kata tersebut, untuk nantinya dapat ditemukan dengan melakukan pencarian pada keyword tersebut. Fitur ini telah lama populer digunakan di Twitter. Apakah Koprol mengadopsi fitur ini dari Twitter? I don’t know, tapi secara pribadi saya lega Koprol akhirnya membuat fitur seperti ini. Paling tidak, akan mempermudah para penggunanya untuk menemukan suatu post tertentu. Jika anda sudah terbiasa dengan twitter, mungkin tulisan ini akan membosankan, dan saya sarankan untuk skip dan membaca tulisan saya yang lainnya

.

Selama ini para pengguna Koprol dipermudah dengan fitur-fitur yang memanjakan. Kurator, Review Place, Bump dan lain sebagainya. Namun, memiliki keterbatasan yaitu dalam hal mengkategorikan post/prol dengan tema yang sama. Seperti contohnya saat Quiz #famous kemarin yang saya selenggarakan. Mungkin ada beberapa pengguna yang merasa terganggu dengan keberadaan Quiz itu bertanya-tanya, apa iya @astronotbumi sebegitu ingin terkenalnya sampai-sampai untuk ikut serta dalam Quiz-nya, harus mencantumkan nama dirinya. Satu hal yang pasti, karena ketiadaan fasilitas yang dapat mengkategorikan suatu post, maka saya memilih menggunakan ID Koprol untuk menandai post yang akan disertakan dalam Quiz #famous kemarin. Kenapa?
Karena ada Mentioned, dimana saat penjurian, saya cukup membuka halaman mentioned saya untuk melihat siapa saja yang ikut serta dalam Quiz tersebut. Repot, dan jujur saja agak memalukan. But hell, it was fun!

Nah, dengan adanya fitur Hashtag (Tanda Pagar/Tagar) ini, sekarang kita bisa dengan mudah mengkategorikan prol/post yang kita atau user lain buat hanya dengan melakukan pencarian pada Search Tag. Sederhana dan mudah. Kalau saja fitur ini diluncurkan seminggu lebih cepat, pasti peserta Quiz #famous kemarin akan jauh lebih banyak. Well, semoga di Quiz berikutnya, akan ada lebih banyak peserta.

Okay, back to topic. Hashtag ini sangat mudah digunakan. All you need to do is type a keyword after (#). Contohnya sebagai berikut:

Semoga #gegepenjaganeraka jadi hot tags malam ini.

Nah, kata ‘gegepenjaganeraka’ yang terletak setelah tanda # tersebut adalah keyword yang dibuat sendiri oleh kita, sebagai pengguna koprol. Fungsinya adalah, jika ada 100 pengguna lain yang membuat post dengan hashtag yang sama, maka anda dapat melihat ke 100 post itu dengan melakukan pencarian pada Search Tab. Sebagai contoh, sebuah tautan telah saya cantumkan dalam hashtag ‘gegepenjaganeraka’ diatas. Jika anda membukanya, anda akan menemukan beberapa post yang juga menggunakan hashtag tersebut.

FAQ About Hashtag

Eh, dulu gue suka bikin prol pake hashtag lho, muncul gk ya kalo gue cari?
Simple answer, NO. Hashtag ini tidak berlaku surut, dimana post lawas yang mengandung kata kunci tertentu tak akan muncul dalam hasil pencarian.

Bisa ngga sih bikin hashtag di comment, terus muncul dihasil pencarian?
The answer is still no. Kalian memang bisa membuat hashtag didalam comment, tapi tak akan masuk kedalam hasil pencarian.

Case Sensitive ngga sih Hashtag di koprol itu?
Dan jawabannya masih NO! Tenang aja, hashtag di koprol ngga case sensitive koq. Dengan kata lain, kalian bisa menuliskan keyword yang sama dengan penulisan yang sedikit berbeda, tak perlu takut keyword anda tidak muncul dalam pencarian. Contoh: #GegePenjagaNeraka dan #gegepenjaganeraka akan menghasilkan hasil pencarian yang sama.

Kalau Hashtag gue pakai dua kata, bisa gue pisah pakai tanda baca ngga?
Bisa koq, tapi ngga semua tanda baca. So far, baru underscore (_) aja yang bisa. Tanda baca lain seperti (.), (,), (-) atau (?) ngga bisa dipakai untuk menggabungkan dua kalimat dalam satu hashtag.

Duh, gue lupa bikin hashtag di post/prol gue, bisa ngga kalau hashtag nya gue tulis di comment aja?
Bisa koq, even di dalam comment kita masih bisa bikin hashtag. Tapi, semua hashtag yang dibuat didalam comment ngga akan muncul dalam hasil pencarian. Jadi kalau kalian lupa bikin hashtag didalam prol kalian, dan berniat untuk membuat hashtag didalam commentnya, prol/post kalian tak akan muncul dalam hasil pencarian nantinya.

Ada batasan ngga, dalam satu prol itu pakai berapa hashtag?
Ngga koq, bebas merdeka. Mau semua kata pakai tagar juga bisa. But isn’t it looks like a kid? I mean, Hashtag isn’t created to make your post blue. But, since its your own post, I won’t give a damn :D

Eh, Hot Tags itu apa sih?
Familiar dengan trending topic di twitter? Nah, Hot Tags ini fungsinya sama, menunjukkan keyword yang sedang nge-trend di Koprol.

Okay, sekian dulu FAQ tentang Hashtag, jika ada point yang terlewat, akan ditambahkan setelahnya. Semoga post ini bisa membantu mereka yang iseng cari bacaan atau yang memang membutuhkannya.

2 thoughts on “FAQ About Tagar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s