The Adjustment Bureau (2011)


Apa yang akan kalian lakukan saat kalian bertemu dengan mereka yang bertugas mengatur takdir anda? Saat anda tahu, apapun yang anda lakukan selama ini telah diatur, dan dikendalikan oleh sekelompok agensi misterius yang muncul dari balik pintu. Apakah anda akan berdiam diri saat takdir yang telah ditentukan oleh anda ternyata tak sesuai dengan apa yang anda inginkan. Atau anda akan pasang topi, dan balik melawan takdir?

Diceritakan seorang politikus muda bernama David Norris yang diperankan oleh Matt Damon, adalah seorang calon Senator asal New York termuda saat itu. Ia difavoritkan oleh kebanyakan orang dan dipercaya akan memenangkan pemilihan dengan mudah. Menjelang pemilihan, sebuah berita buruk mengenai kejadian yang menimpanya beberapa tahun silam menjatuhkan pamornya. Dan dapat ditebak, seketika Ia kehilangan dukungan dan mengalami kekalahan dari lawannya.
Saat Ia menghabiskan waktu sendirian di toilet, tiba-tiba dari dalam salah satu bilik muncul seorang wanita bernama Elise (Emily Blunt) yang sedang menghindari kejaran security di gedung tersebut. Sebuah pembicaraan singkat ternyata mampu menawan hati David yang masih lajang. Semenjak pertemuan itu, Ia jatuh cinta pada Elise.

Esok harinya tanpa sengaja ia kembali bertemu dengan Elise disebuah Bus. Disaat yang bersamaan, seorang agen yang mengenakan topi fedora menantinya ditaman yang selalu dilewati David saat berangkat bekerja. Namun sialnya, agen tersebut dengan cerobohnya tertidur. Sebuah aksi kejar-kejaran antara sang agen kulit hitam itu, terjadi dengan bus yang ditumpangi David. Didalam bus itu, David mendapatkan nomor telepon genggam Elise dan bermaksud menghubunginya kembali. Namun sesampainya dikantor, Ia dikejutkan oleh seisi kantornya yang membeku dan beberapa orang agen sedang melakukan sesuatu pada rekan-rekannya. David berusaha menghindar kejaran agen-agen tersebut, namun entah bagaimana caranya mereka selalu bisa muncul tiba-tiba dari balik pintu.

Ternyata mereka adalah sekelompok agen yang bertugas mengurus dan mengelola jalan hidup seseorang. Mereka menggunakan sebuah buku untuk melacak dan mengatur jalan hidup seseorang, dalam hal ini, jalan hidup David. David dibebaskan namun dengan janji bahwa Ia tak akan membocorkan keberadaan mereka kepada siapapun, atau mereka akan menghapus memori David. Sealin itu, mereka membakar kartu nama yang berisi nomor telepon genggam Elise dan memerintahkan David untuk melupakan wanita tersebut.

David menurutinya, namun 3 tahun kemudian Ia secara tak sengaja bertemu kembali dengan Elise. Yang memaksa para agen tersebut untuk bekerja keras memisahkan mereka. Namun dengan bantuan seorang agen yang memiliki pandangan yang berbeda dengan agen lainnya, David dan Elise berusaha untuk menentukan takdir mereka sendiri dan berusaha bertemu dengan ‘The Chairman’, seseorang yang telah menuliskan nasib mereka berdua kedalam buku takdir.

*****

The Adjustment Bureau ini mendapat penilaian 7,1 di IMDb dari para pemirsanya. Sebuah kisah tentang seseorang yang berusaha mempertahankan keinginannya, bahkan saat Ia mengetahui, keinginannya bukanlah takdir yang telah ditentukan untuknya. Menurut saya pribadi, cerita yang disuguhkan film ini sangat romantis. Plot-nya mudah ditebak, namun disuguhkan dengan baik oleh George Nolfi. Pada mulanya saya mengira film ini memiliki genre yang sama dengan Bourne series, namun ternyata saya salah besar, film ini jauh berbeda dari Bourne. Untuk anda yang menyukai film romantis, anda harus menonton film ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s