30 Cara Menjadi Tenar, di Koprol


Previously in Astronotbumi’s blog, saya sudah membahas mengenai 20 alasan mengapa anda atau user Koprol lainnya sulit untuk eksis di Koprol. Jika belum membacanya, anda bisa menemukan artikel tersebut di: #20reason. Artikel tersebut menurut saya penting untuk dipahami jika anda seorang/ingin menjadi  Social Climber di Koprolverse.

Ada bermacam-macam cara untuk menjadi terkenal di social media. Dalam hal ini di Koprol, menurut saya tidak lah terlalu sulit untuk menjadi terkenal. Ada langkah, tips dan trik nya untuk dapat dikenal di Koprol tanpa harus menjadi seorang artis atau sebuah brand yang telah dikenal sebelumnya. Ketekunan, ketelitian dan kejelian membaca keadaan bisa membuat anda menjadi terkenal atau lebih terkenal di Koprol.

Ada 30 hal yang mungkin akan membantu anda untuk meningkatkan reputasi anda di Koprol. Tak terlalu sulit menurut saya. Berikut ini 30 langkah menjadi tenar, di Koprol:

01. Gunakan user ID yang mudah untuk diingat dan dituliskan. Atau menggunakan nama yang unik sehingga ketika seseorang membahas suatu hal, orang-orang akan teringat pada anda. ILove_Sthephany_Mayer3421 adalah contoh pemilihan nama yang kurang baik, mengingat Koprol belum memiliki fitur Auto Complete Username.

02. Pastikan anda menggunakan foto terbaik diri anda sebagai avatar koprol. Semakin menarik avatar yang anda gunakan, semakin menarik User Koprol (UK) lain untuk add/follow akun anda.

03. Jangan isi biodata anda dengan hanya dengan ‘Its Just me’ atau link profile Facebook dan twitter semata. Biodata yang baik akan memancing minat UK lain untuk follow/add akun anda. Hindari kata ganti dari Gue dengan W dan sebangsanya. Ingat, Biodata adalah #pencitraan terpenting anda.

04. Berinteraksi dengan UK lainnya dengan cara memberikan komentar pada postingan status atau review mereka.

05. Check nearby dan post status contoh: “Hei, I’m here. Anybody else here?” saat check in disuatu lokasi.

06. Jangan berhenti posting dan membuat status baru, bahkan ketika semua postingan anda tak pernah dikomentari siapapun. Kontinuitas itu penting.

07. Saat anda check in di sebuah restoran, jangan lupa mengambil gambar makanan yang anda pesan dan berikan info, apakah makanan tersebut enak atau tidak. Hal ini berlaku juga jika anda menemukan hal menarik di tempat lainnya. Post dengan foto dapat membuktikan bahwa anda bukanlah Bot seperti saya.

08. Review place Koprol, sebaiknya hanya untuk lokasi yang pernah anda kunjungi. Komentar yang anda berikan juga sebaiknya memberikan informasi apakah lokasi tersebut bagus atau tidak.

09. Ikuti quiz yang diselenggarakan oleh Yahoo! Koprol atau oleh Brand yang telah bergabung di Koprol. Contohnya seperti quiz Tiket Avril Lavigne yang dimenangkan oleh: @ndayandha, @bungardy dan @yoseonmars2.

10. Add more location. Buat lokasi baru yang belum ada di database Koprol, terutama untuk lokasi yang umum dan akan ada banyak orang yang check in ke lokasi tersebut. Semakin banyak lokasi yang anda tambahkan, semakin besar kemungkinan ID anda dilihat oleh user lain yang kebetulan check in via web.

11. Cantumkan tautan profil Koprol anda di laman blog anda (jika punya) atau di social media lainnya, sehingga kemungkinan orang lain untuk menemukan akun Koprol anda semakin tinggi.

12. Ikut bergabung dalam suatu thread di Koprol, dan memberikan tanggapan dengan baik, tak perlu benar, karena penilaian setiap orang sudah pasti berbeda. Namun menyampaikan dengan baik dan benar, dan anda rutin melakukannya, maka UK lain akan mudah mengingat anda.

13. Kirimkan Direct Message (DM) ke UK lainnya. Tak perlu malu untuk menanyakan/menyampaikan hal-hal yang dirasa tak layak untuk disampaikan secara terbuka melalui DM.

14. Jika anda pria, ingat, jika dan hanya jika anda pria, hindari mengirim DM ke UK wanita untuk berkenalan dengan mengirim pesan yang hanya berisi, misal: “Hei cantik, boleh kenalan?” Percayalah, apa yang anda lakukan tersebut hanyalah Social Suicide.

15. Ingatlah selalu bahwa tidak semua post menarik untuk di BUMP. Terlalu sering mem-BUMP hal yang tak menarik akan membuat orang enggan membiarkan anda masuk dalam lini masa-nya.

16. Membangun sebuah komunitas dan/atau mungkin menjadi admin dari Komunitas tersebut. Jika anda tinggal disebuah kota/daerah yang belum memiliki komunitas pengguna Koprol, mungkin anda bisa menjadi yang pertama membuatnya di Kota anda.

17. Sering berpartisipasi dalam event offline Yahoo! Atau Komunitas di Koprol.

18. Hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Komunitas lain.

19. Sering-sering lah posting hal lucu atau menarik bagi followers/teman anda di Koprol. Jika anda sering melakukannya, dan sering mendapat BUMP, followers/teman anda akan bertambah dengan sendirinya.

20. Jadi diri sendiri, tanpa harus menjadi @gegepoweranger

21. Menjadi penulis di blog komunitas seperti @sikodok di http://www.sikodok.com yang membuka kesempatan bagi pengguna Koprol untuk berpartisipasi menulis dalam blog-nya.

22. Belajar ilmu pemrograman komputer dan menciptakan hal yang paling saya benci Di Koprol, emoticon, seperti Kang @mul14 dengan @kopnot nya.

23. Berjualan merchandise Koprol, contohnya seperti Unofficial Unite On Koprol Tees yang telah ada sejak tahun 2009 yang telah dipakai lebih dari 400 pengguna Koprol.

24. Lakukan sesuatu hal yang menarik, sehingga anda dimention oleh akun dengan banyak followers, seperti saat saya, @shelny @ihwan dan @kintar dimention oleh Koprol.

25. Berteman, baik secara digital maupun secara nyata dengan Koprolbrity seperti @gegepoweranger atau @iamgps yang telah memiliki lebih dari 2000 teman di Koprol.

26. Bergabung dengan team Yahoo! Indonesia.

27. Become a public enemy. Ketika banyak orang yang memilih untuk menjadi tenar dengan cara yang baik, menjadi sosok seperti Farhad Abas adalah pilihan yang tepat untuk menjadi terkenal di Koprol.

28. Berikan penilaian buruk mengenai Koprol, atau paling tidak memilih untuk memberikan penilaian dari sudut pandang yang berbeda dari pengguna Koprol kebanyakan dengan cara yang tepat.

29. Buatlah tulisan blog mengenai 20 alasan kita tak bisa terkenal di Koprol, atau tulisan mengenai bagaimana cara mengetahui nomor urut kita di Koprol.

30. Jangan lupa untuk selalu Cemungudh! Jika hari ini anda gagal tenar, cobalah lagi dilain hari.

Mungkin anda menemukan cara lain untuk menjadi terkenal di Koprol? Silahkan sampaikan pendapat anda di Blog ini.

15 thoughts on “30 Cara Menjadi Tenar, di Koprol

  1. Kang @pragmanocache, semangat donk. Kita semua dulu juga pernah one way monologue koq. Pas Facebook pertama kali masuk Indo juga, saya kaya orang bego maininnya. Ngga tau mau ngapain dengan Wall…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s