Kenapa Orang Indonesia Jadi Beringas?


Barusan gue balik dari meeting di kantor gue yang satu lagi. Gue ngebahas masalah persiapan kantor gue yang mau ikut pameran di JCC bulan Desember nanti. Balik gue di kantor gue yang satu lagi itu, gue buka laptop gue. Ngecek-ngecek inbox email, dan ada subscribe dari Navinot. Begitu geser mata kebawah, kaget gue liat ada satu comment masuk ke account wordpress gue. Bukan kaget karena ada komentar yang masuk. Tapi kaget karena isi komentarnya yang bikin gue geleng-geleng kepala. Bunyi komentarnya:

“anjing kau malaysia sok menyamar jadi bloger indonesia, sweeping besar2 terhadap warga malaysia titik harga mati.”

dari seseorang bernama Royhan Hadi di tulisan gue yang bertajuk Apakah Kita Harus Berperang Dengan Malaysia?
Pertama gue berfikir dia ini blogger yang kesel karena blognya dihajar sama Blogger Malaysia. Atau karena semangat nasionalisme yang menggebu-gebu sampai harus sweeping Blog Malaysia segala.

Beneran, ngga habis pikir gue baca tulisan diatas. Kenapa? Well, karena pada dasarnya tulisan itu gue tujukan ke seluruh pembaca yang merasa orang Indonesia, supaya sadar diri. Mampu atau ngga mereka untuk berperang? Untuk menanggung beban perang? Nggak perang aja udah banyak yang kelaparan.Gimana kalau harus berperang dengan Malaysia. Masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun sudah terdidik menjadi masyarakat yang egois. Maunya menang sendiri, nggak mau kalah, kalau kalah yang ada marah!
Dan satu hal lagi yang bisa bikin gue bilang bangsa kita ini bangsa yang egois, MEREKA NGGA MAU DIINGETIN!! Gila kali ya…

Segitu ngga terimanya gue ngingetin orang-orang supaya ngga milih perang sama Malaysia. Nyulut perang sih gampang. Bagus kalau perangnya cuma di laut, antar kapal laut aja. Kalau perangnya sampai daratan. Jakarta bisa hancur dalam sekejap sama skuadron Sukhoi-nya Malaysia, dan kita cuma bisa ngebales pakai F-16 hasil kanibal! Dan kalian bangga sama itu semua! Pecundang yang bisanya cuma teriak Perang!

Ngurusin negara itu ngga sama kaya ngurusin RT. Kalian ngurusin mulut kalian sendiri aja belum bisa, tapi udah berani-beraninya teriak perang sama negara lain. Wajar kalau setiap kali ada kebudayaan kita yang dicontek sama Malaysia bisanya cuma bikin spanduk ‘Ganyang Malaysia’ sambil bakar bendera mereka. Perlakuannya sama kaya waktu mergokin maling ayam. Digebukin, terus dibakar hidup-hidup! Main Hakim Sendiri!
Dan kalian bangga sama itu semua? Ngerasa paling Nasionalis? Mati aja deh kalian semua. Bisanya ngerusak nama baik negara aja.

sweeping01

Sweeping Warga Negara Malaysia oleh orang-orang dungu.
Sumber: Detik photo.

Kalian pikir negara bangga liat kalian bertingkah macam seperti ini? Kalian pikir negara jadi untung dengan kalian berbuat anarkis macam ini? Ini tahun 2009 Bung! Kalian pikir kita sedang di jajah Malaysia? Kita dijajah bangsa kita sendiri! Kita dijajah Koruptor! Kita dijajah pencuri uang rakyat! Yang bikin anak muda bangsa kita jadi tolol macam kalian ini! Emosional dan nggak punya etika.

Saya juga ngga suka dengan Malaysia yang ngekuin batik kita. Reog Ponorogo kita, bahkan sampai tari Pendet yang mereka cantumin di iklan pariwisata mereka. Mereka memang Pengecut karena ngga berani mengakui itu semua. Tapi jangan jadi manusia tolol dengan merusak nama baik bangsa di mata penduduk dunia selain Malaysia! kalian pikir kita cuma hidup berdua dengan Malaysia? Goblok sia!!

Saya malu, sama-sama pakai rompi bertuliskan BANGSA INDONESIA jika harus bersanding dengan manusia picik macam kalian. Ada ribuan cara untuk menjaga budaya kita. Ada ribuan cara supaya budaya kita tak lagi di curi bangsa lain. Dan bukan dengan membakar bendera dan mensweeping warga negara asing!

Bangsa kita jadi beringas karena kebiasaan buruk kita sendiri. Kita jadi senang main hakin sendiri, karena menurut kita itu hal yang paling benar. Itu bagian dari pembelajaran Demokrasi. Semua serba bebas! Bebas ngajak perang negara lain, bebas nginjak-injak bendera negara lain, bebas ngebakar atribut negara lain! Aturan baru bangsa kita: Bebas Untuk Menjadi Beringas!!

Lain kali, pakai otak sebelum bertindak. Jangan karena dipanas-panasi sama Malaysia, kalian malah merugikan bangsa kalian sendiri. Shame on you guys! Shame on you…

 

Ditulis di Bekasi, 14 September 2009.
Oleh RB. Raditya Mahendrata, Peranakan Jogja sama Jogja.
7 tahun tinggal di Siti Sewu, 16 tahun menetap di Depok.
*Kalau ada yang bilang gue orang Malaysia, gue kutuk masuk Neraka ngga keluar-keluar!!*

8 thoughts on “Kenapa Orang Indonesia Jadi Beringas?

  1. Nggak ada yang bilang lo salah Tor. Dari awal juga gue bikin pembenaran yang sama, kalau bangsa kita itu masih kaya anak kecil. BUktinya mereka malah teriak “Malaysia!” ke gue waktu gue ingetin. Dangkal banget otaknya. Mereka pikir mereka paling bener.
    Kaya gini mau perang sama Malaysia, sesama bangsa sendiri aja masih belum bisa bersatu. Jangan teriak ‘Anjing’ kalo masih bertingkah kaya ‘Monyet’!!

  2. msm says:

    I m Malaysian..and I wish the rest of 240 million of your countrymen will change their mindset like yours…

  3. Aryanto says:

    Ya…benar sekali kata anda…

    Saya orang Malaysia, tidak banyak bedanya antara Indonesia dan Malaysia..
    Generasi muda pada hari ini harus banyak belajar tentang sejarah nusantara, iaitu sebelum adanya NKRI dan persekutuan Malaysia, sebenarnya kita adalah berasal dari rumpun bangsa yang sama…

    Salam Muhibbah…

  4. @Aryanto, benar kita memang tak banyak perbedaan.
    Kalaupun kita bersitegang, bukan perarti harus berperang.
    Sesama negara mayoritas muslim harus saling menghargai… Bukannya memusuhi.

    Salam.

  5. hvproduction says:

    Gue caya ama lho. Kite orang timur punya peradaban yang sangat tinggi. Koq marahkan nyamuk kelambu mau dibakar. Fikir dong anak cucu lho. Emosi lho itu simpan baik-baik. Nanti suatu hari baru lho kasi dia meledak kalau sudah betul-betul lho udah enggak bisa MENGKONTROL nye. Kesian dehlho kluarga lho orang baik-baik, enggak mau bikin pusing kepala kayak lho

Leave a Reply

