60 MENIT UNTUK DUNIA


Symbol_EH

Global Warming adalah isu yang saat ini selalu mejadi perdebatan. Suhu Bumi yang kian menanjak yang dikarenakan pemanasan global akibat dari ulah manusia menyebabkan banyak perubahan dipermukaan Bumi.

Penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan karbon yang mencemari alam, efek rumah kaca dan lain sebagainya. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengurangi krisis global yang akan berdampak pada kelangsungan Bumi kita ini.

Bagaimana dengan kita? Apa yang telah kita lakukan untuk berpartisipasi mengurangi dampak efek pemanasan global ini? Sebuah pengorbanan kecil dari kita, dapat membantu kita mengurangi dampak pemanasan global. Prancis telah terbukti mampu mengurangi penggunaan bahan bakar fosilnya dari sektor energi listrik dengan memadamkan listrik selama 5 menit dalam satu bulan. Hanya 5 menit! Untuk mengurangi penggunaan energinya.

Bagaimana jika seluruh dunia melakukan hal yang sama? Selama 60 menit kita padamkan lampu kita. Kurangin penggunaan energi listrik. Sebuah pengorbanan selama 60 menit untuk seumur hidup kita di Bumi ini.

Bergabunglah di www.earthhour.org, dan pilihlah Bumi kita. Mematikan lampu kita selama 60 menit adalah sebuah pilihan untuk menyelamatkan Bumi kita. Saya telah menyatakan diri untuk bergabung dalam gerakan ini, bagaimana dengan kalian?

Sign up for Earth Hour! - RB. Raditya Mahendrata

Earth Hour 2009 – Sign up for Earth Hour!

11 thoughts on “60 MENIT UNTUK DUNIA

  1. Yup, benar Pututik. Selain Listrik masih ada banyak hal lainnya lagi.
    Tapi mungkin saat ini listrik jadi hal paling mudah, cukup dengan menggerakan jari dan kesabaran selama satu jam tanpa cahaya lampu.
    Sampai Indonesia punya energi yang tergantikan, kegiatan seperti ini layak untuk kerap dilakukan. :)

  2. Waaah ternyata astronot bumi kita ini ga hanya peduli sama antariksa aja tapi juga peduli dengan keadaan bumi yg semakin hari semakin memprihatinkan..salute!

    Alhamdulillah, kemarin sempat ikut berpartisipasi di 60 Earth Hour juga, ga cuma 60 malah tp smp hampir setengah hari coz kebetulan serumah pergi keluar dan baru balik jam 10malam jd semua lampu dan elektronik mati total…hahaha ^o^ *kebetulan yg menyenangkan ;p

  3. Soale dari luar angkasa bumi kliatan mulai aneh karena pemanasan global :D
    Jadi ya harus tetap concern sama apa yang terjadi di Bumi. Hehehehe…

  4. Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.
    Dan tahukah teman2 Mesin pendingin menggunakan Freon (CFC, HFC, HCFC) sbg bahan pendinginnya, didalam freon mengandung Chlor & Fluor. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s