Kisah Ponari Dan Kesehatan di Indonesia


Beberapa waktu yang lalu gue buka Kompas.com, karena nggak punya tv di kos-kosan, internet jadi satu-satunya media informasi gue. Dan kadang kala gue jadi sangat terlambat untuk dapetin informasi.

Headline artikel yang paling menarik perhatian gue adalah kisah seorang bocah bernama Ponari. Diberitakan, Ponari adalah seorang bocah asal Megaluh, Jombang, Jawa Timur, yang mamapu menyembuhkan penyakit dengan hanya mengandalkan sebuah batu yang konon di huni oleh dua mahluk halus. Belasan ribu orang berdatangan ke kediaman Ponari dan berharap bisa disembukan berbagai penyakitnya.

Miris banget gue waktu baca artikel itu. Ngebayangin seorang anak SD, diminta ngelayanin 15,000-an orang yang minta kesembuhannya. Apalagi waktu baca artikel terkait hari ini. Tambah miris lagi . Orang-orang nyungkil tanah di kediaman Ponari dengan harapan, tanah di pekarangan rumahnya bisa berkhasiat menymbuhkan.

Ok, ini masalah. Sangat jelas ini adalah masalah yang gawat buat Bangsa Indonesia. Waktu orang-orang di Jakarta antri berjejalan masuk ke dalam Bus Way, orang-orang di daerah masih melakukan begitu banyak hal-hal bodoh dan nggak masuk di akal. Belasan ribu orang Indonesia berharap dapat sembuh dari seorang bocah bernama Ponari yang punya batu sakti

Gue nggak akan bilang kalo apa yang dilakukan Ponari itu adalah penipuan dan nggak masuk akal. Gue pribadi sangat percaya sama hal-hal seperti itu. Permasalahannya, jadi nggak masuk akal ketika orang-orang itu menjumputi benda-benda disekitar rumah Ponari dan percaya kalo itu semua bisa nyembuhin penyakit mereka. For god sake, minum air campur tanah darimananya bisa nyembuhin penyakit!!

Apa ini indikasi kalau kesehatan di Indonesia masih sangat minim dan jauh dari standar? Kalau ya, siapa yang paling bertanggung jawab? Apakah pemerintah? Daerah atau Pusat?

Kalau kaya gini, gue pribadi cuma bisa ngurut dada…

From: Astronot Bumi
Via: Live Writer

4 thoughts on “Kisah Ponari Dan Kesehatan di Indonesia

  1. penggali makam says:

    Ya benar ini adalah suatu peringatan/sindiran terhadap untuk penguasa bagi pemerintah indonesia, karena sebagian besar oknum pejabat di negeri ini hanya mementingkan diri sendiri dan golongannya, tidak ada memikirkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil. Dan tunggu sajalah hukuman Tuhan akan ditimpakan pada yang bersangkutan

  2. Hahaha, can’t be compared sama yang ngaku nemuin batu yang bisa nyebuhin juga. Lagi ngetren lho.
    Lo naik gunung nemu batu gak? Kali aja bisa nyembuhin penyakit. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s